Analisis Problematika dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Pendekatan Linguistik dan Non-Linguistik
Analysis of Problematics in Arabic Language Learning: Linguistic and Non-Linguistic Approaches
DOI:
https://doi.org/10.35719/pba.v3i2.113Keywords:
Linguistic, Problematika, Non-Linguistic, Linguistik, Non LinguistikAbstract
Problematika refers to units or patterns that indicate structural differences between one language. Problematika in learning Arabic is divided into two categories: problems arising from the language itself (linguistic problems) and problems arising outside the language itself (non-linguistic issues). This research uses a descriptive qualitative method with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The findings of this research indicate the need for evaluation in Arabic language learning to rectify suboptimal conditions by the planned objectives. This evaluation is crucial to ensure that Arabic continues to evolve and meet the demands of the present time.
Promblematika adalah unit-unit atau pola-pola yang menunjukkan adanya perbedaan struktur antar satu bahasa dengan bahasa yang lain. Problematika dalam mempelajari bahasa Arab terbagi menjadi dua, yaitu problematika yang berasal dari bahasa itu sendiri (problem linguistik), dan problematika yang muncul di luar zat bahasa itu sendiri (problem non linguistik). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan perlunya evaluasi dalam pembelajaran bahasa Arab guna memperbaiki ketidakoptimalan sesuai dengan tujuan yang telah direncanakan. Evaluasi tersebut penting agar bahasa Arab dapat terus berkembang dan sesuai dengan tuntutan masa kini.
References
Amiruddin, Noor, 2017, Problematika Pembelajarann Bahasa Arab, (Gresik: Universitas Muhammadiyah Gresik)
Chaer, Abdul, 2007, Linguistik Umum, (Jakarta: Rineka Cipta)
Farida, Ida dan Juhji, 2014, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Picture and Picture, Jurnal Primary, ISSN: 2086-1362, Vol 6 No.1
Hermawan, Acep, 2014, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya)
Jamaluddin, 2003, Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra, (Yogyakarta: Adi Cita Karya Nusa)
Kholisin, Menyiapkan Guru Bahasa Arab Profesional Dalam Menghadapi Dinamika Kurikulum, (Malang: Jurnal Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab II, ISSN: 2540-9417)
Marlina, Lina , 2019Pengantar Ilmu Aswat, (Bandung: Fajar Media)
Muamalah, Sri, 2020, Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Pada Ekstrakulikuler Mangga Arabic Club (MAC) di MAN Purbalinggga, (Purwokerto: IAIN Purwokerto)
Mursell, J. dan S. nasution, 1999, Mengajar dengan Sukses, (Jakartaa: Bumi Aksara)
Prastowo,2015, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif, (Yogyakarta: Diva Press)
Rozak, Abdul, Modernisme Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pesantren di Rangkasbitung Banten, (Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah), Vol:3, No:2
Sujarwo, 2010, Peranan Guru Dalam Pemberdayaan Siswa, Jurnal Dinamika Pendidikan Majalah Ilmu
Sumar, Syarifah, Motivasi Siswa Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab dan Inggri di MA Seprovinsi Kepulauan Bangkka Belitung, (Jurnal Hasil Penelitian, e-ISSN: 2655-3716)
Thoyyibah, Anisatu, & Mochamad Firdaus, 2021, Implikasi Manajemen Sarana dan Prasarana Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab, (Jurnal STUDI ARAB, Volume 12, Nomor 1)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Luk-Luk Nur Mufidah, Anin Nurhayati, Bilqis Nurul Faizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.