Penerapan Metode Sam’iyah Syafawiyah (Audio Lingual) Berbasis Pendekatan Komunikatif

The Application of the Sam'iyah Syafawiyah Method (Audio Lingual) Based on Communicative Approach

Authors

  • Luk Luk Nur Mufidah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Anin Nurhayati Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Indaful Hanifah Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.35719/pba.v3i1.109

Keywords:

communicative approach, , sam'iyyah syafawiyah method, skills, pendekatan komunikatif, metode sam'iyyah syafawiyah, keterampilan

Abstract

This article discusses the significant role of the Arabic language in social life. Arabic is a communication tool with several functions: obtaining something, controlling someone's behavior, expressing feelings or ideas, interacting with others, learning and finding meaning, creating a world of imagination, and conveying information. This should be realized with an interactive and communicative learning process. Then, it takes careful planning starting from the chosen approach. The communicative approach has developed communicative abilities and the teaching procedures of the four language skills in gradation. This approach is interpreted into the sam'iyyah syafawiyah method. This method emphasizes listening, mimicking, and pronouncing language sounds, such as sentences and dialogues. This research employs a descriptive qualitative method with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. From the discussion in this journal, the sam'iyyah syafawiyah method with this communicative approach uses learning with four Arabic language skills starting from listening, speaking, reading, and writing.

Artikel ini membahas peran penting bahasa Arab dalam kehidupan sosial. Bahasa Arab sendiri merupakan salah satu alat komunikasi yang memiliki beberapa fungsi, yaitu memperoleh sesuatu, mengendalikan perilaku seseorang, mengungkapkan perasaan atau ide, berinteraksi dengan orang lain, belajar dan mencari makna, menciptakan dunia imajinasi, dan menyampaikan informasi. Hal ini seharusnya diwujudkan dengan proses pembelajaran yang interaktif dan komunikatif. Diperlukan perencanaan yang cermat mulai dari pendekatan yang dipilih. Pendekatan komunikatif telah mengembangkan kemampuan berkomunikasi serta prosedur pengajaran empat keterampilan berbahasa secara bertahap. Pendekatan ini diinterpretasikan ke dalam metode sam'iyyah syafawiyah. Metode ini menekankan cara mendengarkan, meniru, dan melafalkan suara bahasa, seperti kalimat dan dialog. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari pembahasan dalam jurnal ini, dapat disimpulkan bahwa metode sam'iyyah syafawiyah dengan pendekatan komunikatif ini menggunakan pembelajaran dengan empat keterampilan bahasa Arab mulai dari keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.

References

Dar al-Shafā'ah, Takwīn al-Mahārāt al-Lughawīyah fī al-Ma'had al-Salafī wa al-Hadīth, (Al-Tadrīs: al-Mujallad al-Rābi' - al-'Adad al-Awwal - Yūnyū 2016).

Akasahtia, Lukman Taufik, 2021, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab (Menggelitik Pakem) Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan, (Riau: Dotplus Publisher)

Arsyad, M. Husni, 2019, Metode-Metode Pembelajaran Bahasa Arab Berdasarkan Pendekatan Komunikatif untuk Meningkatkan Kecakapan Berbahasa, (Jurnal Shaut Al-‘Arabiyah, Vol. 7 no. 1)

Baroroh, R. Umi dan Fauziyah Nur Rahmawati, 2020, Metode-Metode dalam Pembelajaran Reseptif Bahasa Arab, (Jurnal Urwatul Wutsqo: Vol. 9 No. 2)

Hamid, Abdul dkk, 2008, Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media, (Malang: UIN Malang Press)

Hermawan, Acep, 2011, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, ( Bandung: Remaja rosda Karya)

Makruf, Imam, 2009, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif, (Semarang: Need’s Press)

Muradi, Ahmad, 2014, Pendekatan Komunikatif dalam Pembelajaran Bahasa Arab, (Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 1 No. 1 )

Muradi, Ahmad. 2016, Pembelajaran Menulis Bahasa Arab: dalam Perspektif Komunikatif, (Jakarta: Kencana)

Mustofa, Syaiful, 2011, Strategi Pembelajaran Inovatif, (Malang: UIN Maliki Press)

Nuha, Ulin, 2012, Metodologi Super Efektif Pembelajaran Bahasa Arab, (Jogjakarta: Diva Press)

Oensyar, Kamil Ramma dan Ahmad Hifni, 2015, Pengantar Metodokogi Pembelajaran Bahasa Arab, (Banjarmasin: IAIN Antasari Press)

Qudus, Muh. dan Yusri, 2017, Kefektifan Penggunaan Metode Audio Lingual dalam Pembelajaran Kemampuan Menyimak Bahasa Jerman, (Jurnal Insani: Vol. 20 No. 2)

Zulhannan, 2014, Teknik Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif, (Jakarta: Raja Grafindo Persada)

Downloads

Published

2023-05-19

How to Cite

Mufidah, L. L. N., Nurhayati, A., & Hanifah, I. (2023). Penerapan Metode Sam’iyah Syafawiyah (Audio Lingual) Berbasis Pendekatan Komunikatif: The Application of the Sam’iyah Syafawiyah Method (Audio Lingual) Based on Communicative Approach. MUHIBBUL ARABIYAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 11–20. https://doi.org/10.35719/pba.v3i1.109