Implementation Of The Book Muhawaroh In Training Mastery Of Arabic Speaking Skills

Implementasi Buku Muhawaroh Dalam Melatih Penguasaan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab

Authors

  • Primasti Nur Yusrin Hidayanti Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Buny Andaru Bahy Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35719/pba.v1i2.10

Keywords:

Keterampilan berbicara, Media pembelajaran, Bahasa Arab, Speaking Skills, Learning Media, Arabic

Abstract

Arabic is a second language that is widely studied in modern times today. To train the ability and increase knowledge related to the Arabic language requires unique learning. In Mahad Al-Jami'ah, IAIN Jember has provided a facility in the form of talent interest activities to train students in mastering speaking skills using Arabic. In preparing the speaking skills of educators, use the book muhawwaroh as a medium of learning. This study uses descriptive qualitative methods to present data through observation, interviews, and documentation—the validity of data using the triangulation method. The results of this study stated that the book muhawwaroh used in training the master of Arabic speaking skills is considered efficient and effective in its application which has been equipped with various support methods. Mastery of the Arabic language can be seen from the evaluation that educators have given, vocabulary gained by students more widely to encourage students to dare to speak and proficiency in Arabic.

Bahasa arab merupakan bahasa kedua yang banyak dipelajari pada zaman modern saat ini, untuk melatih kemampuan serta menambah pengetahuan terkait bahasa Arab diperlukan suatu pembelajaran khusus. Di Mahad Al-Jami’ah IAIN Jember  telah memberikan suatu fasilitas yang berupa kegiatan bakat minat untuk melatih para mahasiswa dalam menguasai keterampilan berbicara menggunakan bahasa Arab. Dalam melatih keterampilan berbicara para tenaga pendidik menggunakan buku muhawwaroh sebagai media pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan penyajian data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. validitas data menggunakan metode triangulasi. Hasil dalam penelitian ini menyatakan bahwa buku muhawwaroh yang digunakan dalam melatih penguasaan keterampilan berbicara bahasa Arab dinilai efisien dan efektif, dalam penerpannya yang telah dilengkapi dengan berbagai metode yang menunjang. Penguasaan bahasa Arab dapat dilihat dari hasil evaluasi yang telah diberikan oleh pendidik, kosa kata yang didapatkan oleh peserta didik semakin luas sehingga mampu mendorong peserta didik untuk berani berbicara dan pecakapan menggunakan bahasa Arab.

 

References

Aflisia, Noza, and Hazuar Hazuar. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Berbasis Pendekatan Komunikatif.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 4, no. 1 (2020): 111. doi:10.29240/jba.v4i1.1380.

AH, Hanifal Fauzy, Zainal Abidin Arief, and Muhyani Muhyani. “Strategi Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Arab.” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 1 (2019): 112–27.

Hakim, Muhammad Luqman. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Game Interaktif Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab.” Arabi : Journal of Arabic Studies 2, no. 2 (2018): 156. doi:10.24865/ajas.v2i2.56.

Hanifah M.Pd.I, Umi. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Surabaya: Putra Media Nusantara, 2011.

Hasyim, Asy’ari. “Keistimewaan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Qur’an.” Keistimewaan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Qur’an 1, no. 1 (2016): 21–28. http://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/nidhomulhaq/article/view/4.

Hilmi. “Teknik Evaluasi Aktual Terhadap Maharah Lughowiyyah.” Jurnal Mimbar Akademika Media Ilmu Dan Pendidikan 3, no. 2 (2018). doi:10.31538/alsuna.v1i2.77.

Hilmi, Hilmi. “METODE INOVATIF PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM.” Intelektualita 10, no. 01 (2021).

Marlina, Lina. “Efektifitas Metode Langsung Dalam Pengajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab.” Al-Tsaqafa: Jurnal Ilmiah Peradaban Islam 13, no. 2 (2016): 211–26. doi:10.15575/al-tsaqafa.v13i02.1973.

Noermanzah, Noermanzah. “Bahasa Sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, Dan Kepribadian.” In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 306–19, 2019.

Nur, Hastang. “Penerapan Metode Muhadatsah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Maharah Kalam Peserta Didik.” Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 20, no. 2 (2017): 177–87.

Nurrita, Teni. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa” 3, no. 1 (2018): 171–87. doi:10.1088/1742-6596/1321/2/022099.

Primaningtyas, Mega, and Cahya Edi Setyawan. “Urgensi Bahasa Arab Dalam Pendidikn Islam Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Saliha 2, no. 2 (2019).

Putri. “Wawancara.” 2019

Rasyid, Isran, and Rohani. “Manfaat Media Dalam Pembelajaran” VII no. 1 (2018): 91–96.

Rahmawati. “Wawancara.” 2020

Romlah. “Wawancara.” 2019

Satrio, Satrio. “REDESAIN BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB BAGI PESERTA DIDIK MADRASAH ALIYAH NEGERI.” Profetika: Jurnal Studi Islam 22, no. 1 (2021): 123–33. doi:https://doi.org/10.23917/profetika.v22i1.14771.

Sugiyono. “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D),” 2017.

Syamaun, Nurmasyithah. “Pembelajaran Maharah Al-Kalam Untuk Meningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.” Jurnal.Ar-Raniry.Ac.Id, 2016, 343–59.

Yaqin, Haqqul. “Wawancara.” 2019.

Downloads

Published

2021-12-15

How to Cite

Hidayanti, P. N. Y., & Bahy, B. A. (2021). Implementation Of The Book Muhawaroh In Training Mastery Of Arabic Speaking Skills: Implementasi Buku Muhawaroh Dalam Melatih Penguasaan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. MUHIBBUL ARABIYAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 95–117. https://doi.org/10.35719/pba.v1i2.10