Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Arab Melalui Media
Improving Arabic Vocabulary Skills Through Media
DOI:
https://doi.org/10.35719/pba.v3i2.121Keywords:
Learning, Arabic Language, Media, Pembelajaran, Bahasa ArabAbstract
The learning process arises from the mutual influence between humans and their environment. Arabic language learning is a subject that aims to develop, encourage, direct, guide, and develop skills and positive attitudes towards responsive and productive Arabic. Vocabulary teaching is usually done by prohibiting vocabulary and its meaning in context. It can be understood, through analyzing vocabulary, when banning the meaning of parts of words and restricting the meaning of words directly from the list of words made. This research employs a qualitative descriptive method with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The effectiveness of learning media in Arabic language education depends on its alignment with the subject's objectives, highlighting the importance of tailored media selection based on educational institution needs and press availability. Visual aids like pictures can enhance the recognition of Arabic vocabulary and facilitate understanding through visual representation.
Proses pembelajaran timbul dari saling pengaruh antara manusia dan lingkungannya. Pembelajaran bahasa Arab adalah subjek yang bertujuan untuk mengembangkan, mendorong, membimbing, dan mengembangkan keterampilan serta sikap positif terhadap bahasa Arab yang responsif dan produktif. Pengajaran kosakata biasanya dilakukan dengan melarang kosakata dan maknanya dalam konteks yang dapat dipahami, melalui analisis kosakata saat melarang makna bagian kata dan melarang makna kata langsung dari daftar kata yang telah dibuat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Efektivitas media pembelajaran dalam pendidikan bahasa Arab tergantung pada kesesuaian dengan tujuan subjek, menekankan pentingnya pemilihan media yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan lembaga pendidikan dan ketersediaan media. Bantuan visual seperti gambar dapat meningkatkan pengenalan kosakata Arab dan memudahkan pemahaman melalui representasi visual.
References
Aminah, S., & Aminah, S. (2021). Jurnal Pendidikan Guru Jurnal Pendidikan Guru. 2(4).
Amir, A. (2016). Jurnal eksakta volume 1, 2016 1. Eksakta, 2(1).
Astuti, N., & Nadlifahn, H. N. H. (2019). Pengaruh Pemberian Modelling Audio Visual Terhadap Perkembangan Kognitif di TK Tunas Harapan Karangasem Jenu Tuban. Kesehatan: Jurnal Ilmiah 10(2). http://ejournal.rajekwesi.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-kesehatan/article/view/192%0Ahttp://ejournal.rajekwesi.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-kesehatan/article/download/192/142
Aswat, H., Basri, M., Kaleppon, M. I., & Sofian, A. (2019). Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 11. https://osf.io/preprints/inarxiv/pq324/
Hakim, M. L. (2017). PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB Arabi : Journal of Arabic Studies. Arabi : Journal of Arabic Studies, 2(2). http://journal.imla.or.id/index.php/arabi
Hasnah, S. (2015). Pembelajaran Kosakata (Mufrodat) Bahasa Arab Melalui Media Gambar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Pada Jurusan PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Palu. ISTIQRA, Jurnal Penelitian Ilmiah, 3(1).
Hasyim, A. (2016). Keistimewaan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Qur’an. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1). http://e-journal.ikhac.ac.id/index.php/nidhomulhaq/article/view/4
Hilmi, H. (2017). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Lantanida Journal, 4(2), 128. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1885
Mahmudah, S. (2018). Media Pembelajaran Bahasa Arab. An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 20(01). https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1131
Ni’mah, K. (2017). Korelasi Penggunaan Kosa Kata Bahasa Arab dengan Kemampuan Berpidato Bahasa Arab Mahasiswa PBA UNSIDA Lamongan. DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 4(1).
Posumah, A., Waworuntu, J., & Komansilan, T. (2021). EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasidan Komunikasi, 1(6),. https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/3293
Primaningtyas, M. (2016). Cooperative learning “student team achievement division.” Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 2 no. 2.
Putri, A. A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Media Siswa Kelas Iii Sd. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(1).
Qibtiyah, M., & Walfajri, W. (2020). Pengajaran Bahasa Arab Menggunakan Media Gambar Bergerak Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata. An Nabighoh: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab, 22(01). https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v22i01.2076
Rizqi, M. R. (2018). Peran Media Gambar Berseri Dalam Meningkatkan Motivasi Kemampuan Menulis Karangan Bahasa Arab. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 7(2). https://doi.org/10.24235/ibtikar.v7i2.3363
Sundari, N. (2016). Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(1). https://doi.org/10.17509/eh.v5i1.2836
Vol, J. B. (2018). PENGAJARAN KOSA KATA BAGI MAHASISWA EFL Sastra Inggris , Universitas Putera Batam , gagukrudianto@gmail.com Sastra Inggris , Universita Putera Batam , aldrianiyessie@gmail.com. 5(2).
Yuswanti. (2006). Penggunaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS Di kelas IV SD PT.Lestari Tani Teladan (LTI) Kabupaten Donggala. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol.3(4) ISSN 2354-614X, 3(December).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hilyatul Walidain, Buhaerah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.