Peningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa-Kata Bahasa Arab Dengan Penerapan Metode Bernyanyi

Improve The Ability To Memorize Arabic Vocabulary With The Application Of The Singing Method

Authors

  • Ahmad Hanafi UIN KHAS Jember
  • Binti Solihah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/pba.v2i1.22

Keywords:

Memorizing Mufrodat, Singing Method, Arabic Language, Menghafal Mufrodat, Bahasa Arab

Abstract

This research is motivated by the lack of ability of students in class XI IIK MA Assalam Jambewangi-Blitar for the 2021 academic year in understanding Arabic learning materials. Because the previous teacher has never implemented new methods to overcome problems. Therefore, the understanding of the Arabici learning material which is felt that it is difficult for students to remain there. For this reason, the appropriate solution is needed to overcome the problem is by applying the singing mthod in improving the ability of students to understand Arabic lessons, namely by increasing memorizing the vocabulary of Arabic. These vocabulary are the basic of students to learn Arabic. This research is a qualitative descriptive approach. Observation, interviews, test, questionnaires and documentation is the method of data collection. This researchis a class action research model. This purpose of class action research is to improve and solve practical to improve the quality of education and foster proactive attitudes in the school environment to make improvements and mutual learning.This method is very interesting so that with the implementation the result of the ability to memorize the vocabulary of students can be improved and easy to understand Arabic materials.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa kelas XI IIK MA Assalam Jambewangi-Blitar tahun ajaran 2021 dalam memahami materi pembelajaran bahasa Arab. Karena pengajar sebelumnya belum pernah menerapkan metode-metode baru untuk mengatasi permasalahan tersebut. Oleh karena itu, pemahaman  materi pembelajaran bahasa Arab yang dirasakan siswa sulit tetap ada. Untuk itu, diperlukan solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk memahami pelajaran bahasa Arab yaitu dengan meningkatkan hafalan kosa-kata bahasa Arab siswa. Kosa-kata ini menjadi dasar siswa untuk mempelajari bahasa Arab. Penelitian ini merupakan pendekatan deskriptif kualitatif.  Observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi merupakan metode pengumpulan datanya. Penelitian ini merupakan model penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian tindakan kelas  yaitu untuk melakukan perbaikan dan memecahkan persoalan-persoalan praktis untuk  meningkatkan kualitas pendidikan dan menumbuhkan sikap proaktif lingkungan sekolah untuk melakukan perbaikan dan mutu pembelajaran secara berkelanjutan. Metode ini sangat menarik sehingga dengan adanya penerapan tersebut alhasil kemampuan hafalan kosa-kata bahasa Arab siswa dapat ditingkatkan dan mudah dalam memahami materi bahasa Arab

References

Agung, Iskandar, Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru, Jakarta: Bestari Buana Murni, 2012.

Anshor, Ahmad Muhtadi, Pengajaran Bahasa Arab Media dan Metodenya, Yogyakarta: Teras, 2009.

Anwar, Tayar Yusuf Syaiful, Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab, Jakarta: Raja Grafindo, 1997.

Fadlillah, Muhammad, Desain Pembelajaran PAUD, Jogjakarta: Ar-ruzz Media, 2012.

Imron, Ali dan Dewi Farda Fajriyah. “Penggunaan Metode Bernyanyi dalam Menghafal Mufrodat (Kosa-Kata) Bahasa Arab di MI.” Jurnal Pendidikan MI/SD 1, no. 1 (2021).

Mu’alimin, Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Ganding Pustaka, 2014.

Mufarohah, Zuliana. “Wawancara dengan Guru Bahasa Arab terkait Permasalahan Pembelajaran Bahasa Arab.” 2021.

Muhammad, Metode Penelitian Bahasa, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Nugrahani, Farida, Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Penelitian Bahasa, Surakarta, 2014.

Saleha, Fiki Putri, “Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Menghafal Mufrodat Dalam Pembelajaranbahasa Arab Siswa Kelas II Ali Bin Abi Thalib MI Ma’arif Candran Godean.” (Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2020).

Septiani, Vely, “Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Mts. Al-Hidayah Purwokerto Barat.” (Skripsi: IAIN Purwokerto. 2018).

Wekke, Ismail Suardi, Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah, Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Wijaya, Candra dan Syahrum, Penelitian Tindakan Kelas Melejitkan Kemampuan Penelitian Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru, Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2013.

Yoni, Acep, Menyusun Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Familia

Downloads

Published

2022-06-17

How to Cite

Hanafi, A., & Solihah, B. (2022). Peningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa-Kata Bahasa Arab Dengan Penerapan Metode Bernyanyi: Improve The Ability To Memorize Arabic Vocabulary With The Application Of The Singing Method. MUHIBBUL ARABIYAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 49–60. https://doi.org/10.35719/pba.v2i1.22