Analisis Motivasi Siswa Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Di MTs Miftahul Ulum Pondoklabu Menurut Teori MC Clelland
DOI:
https://doi.org/10.35719/pba.v4i1.91Keywords:
Arabic Language, Motivation, Mc Clelland Theory, Bahasa Arab, MotivasiAbstract
Arabic is a religious language that is able to unite all Muslims in various parts of the world. Thus, to arouse students' enthusiasm in learning Arabic, motivation is needed. The purpose of this study was to determine the motivation to learn the language of the students at MTs Miftahul Ulum Pondoklabu and to find out the inhibiting and supporting factors that cause students to be motivated or not motivated in learning Arabic which were analyzed through MC Clelland's theory. This research method uses a descriptive qualitative approach with data analysis using source triangulation and method triangulation. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation. The subjects of this study were 5 students of class 7A and 5 students of class 7B. The data obtained came from Arabic teachers and students. The results of this study show; 1) many students at MTs Miftahul Ulum do not yet have the motivation to learn Arabic, 2) this is related to MC Clelland's theory that many students do not pursue the highest ranking but rather they prefer competition.
Bahasa Arab merupakan bahasa Agama yang mampu menyatukan seluruh umat Islam di berbagai belahan dunia. Dengan demikian, untuk membangkitkan semangat siswa dalam mempelajari Bahasa Arab diperlukan adanya sebuah motivasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar bahasa arasiswa di MTs Miftahul Ulum Pondoklabu dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung yang menyebabkan siswa termotivasi atau tidak termotivasi dalam pembelajaran bahasa Arab yang dianalis melalui teori MC Clelland. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini 5 siswa kelas 7A dan 5 siswa kelas 7B. Data yang diperoleh berasal daru guru bahasa Arab dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan; 1) banyak siswa di MTs Miftahul Ulum belum memiliki motivasi belajar bahasa Arab, 2) dikaitkan dengan teori MC Clelland bahwa banyak siswa yang tidak mengejar rangking tertinggi melainkan mereka lebih menyukai persaingan.
References
Abdul Wahab, M. Peran bahasa Arab dalam Pengembangan Ilmu dan Peradaban Islam. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 1(1). (2014).
Akhsan & Muhammadiyah, A. Analisis Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Arab di MTs-NU Al-Islamiyah Asembagus Menurut Teori MC Clelland. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), (2022).
Dayana, I., & Marbun, J. Motivasi Kehidupan. (Bogor: Guepedia Publisher).
Hasan Susanto, N & Lestari, C. Problematika Pendidikan Islam Di Indonesia: Eksplorasi Teori Motivasi Abraham Maslow Dan David McClelland. (Edukasia Islamika: 2018).
Indilla Dany, A. Pengaruh Kebutuhan Prestasi, Kekuasaan, Dan Afiliasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 Cabang Batu). Jurnal Administrasi Bisnis, 24(2)2, (2015).
Latif, M. Teori Manajemen Pendidikan. (Prenada Media): 2018.
Makruf, I. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif. (Need’s Press): 2009.
Muradi, A. Tujuan Pembelajaran Bahasa Asing (Arab) Di Indonesia. Jurnal Al Maqayis, 1(11), (2014).
Muslim, A. Interaksi sosial dalam masyarakat multietnis. Jurnal Diskursus Islam, 1(3), (2013).
Sanjaya, W. Kurikulum Dan Pembelajaran (Teori & Praktek KTSP). (Kencana): 2008.
Sarip Hidayat, N. Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. An-Nida, 37(1), (2012).
Syarifah, & Sumar. Motivasi Siswa Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab dan Inggris di Madrasah Aliyah Se-provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Scientia: Jurnal Hasil Penelitian, 4(1), (2009).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nurizkiyah, Bambang Irawan, Dewi Astutik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.