Kontribusi Ilmu Nahwu Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Arab yang Lebih Baik
DOI:
https://doi.org/10.35719/pba.v4i2.149Keywords:
learning Arabic, Nahwu Science, reading skillsAbstract
Penelitian ini berisikan urgensi ilmu nahwu terhadap pembelajaran Bahasa Arab khusus nya pada keterampilan membaca yang didasarkan kepada kurangnya pemahaman pelajar terhadap kontribusi dan pentingnya mempelajarai Ilmu Nahwu. Tujuan penelitian ini adalah agar dapat memberikan wawasan dan pengetahuan tambahan terkait kontribusi atau peran ilmu nahwu terhadap keterampilan membaca Bahasa Arab yang lebih baik dan diharapkan juga agar dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pemahaman terkait ilmu nahwu, terkhusus bagi para pelajar Bahasa Arab. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan studi kepustakaan, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya keterampilan membaca yang baik ditunjang dengan adanya pemahaman terhadap Ilmu Nahwu yang mencakup tentang struktur kalimat (اعراب), jenis kalimat, penggunaan tanda baca yang tepat, serta kajian Ilmu Nahwu yang lain yang dapat mempengaruhi perolehan makna teks berbahasa Arab. Pemahaman terhadap ilmu nahwu maka akan dapat meningkatkan keterampilan membaca yang baik dan mempermudah dalam menangkap isi, makna, ataupun kandungan dari informasi berbahasa Arab.
This research discusses the importance of nahwu (Arabic grammar) in Arabic language learning, particularly in reading skills, which is based on the students' lack of understanding of the contribution and significance of studying Nahwu. The purpose of this study is to provide additional insights and knowledge regarding the contribution or role of Nahwu in improving Arabic reading skills, and it is also expected to raise awareness of the importance of understanding Nahwu, especially for Arabic language learners. This research is a qualitative study using literature review, interviews, and observations as data collection techniques. The results of this study indicate that good reading skills are supported by an understanding of nahwu, which includes sentence structure (اعراب), sentence types, proper punctuation, and other aspects of nahwu that affect the interpretation of Arabic texts. A good understanding of nahwu can enhance reading skills and make it easier to grasp the content, meaning, or substance of information in the Arabic language.
References
Afifuddin, Muhammad. 2022. “Penguasaan Kaedah Nahwu Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Bahasa Arab.”
Angelina, Vitri, Eka Nur Khikmah, Fikri Hamdani Ubaidilah, dan Kisno Umbar. 2023. “Problematika Pemahaman Nahwu Mahasantri Yayasan Munashoroh Indonesia (YMI) Pusat Ciputat Tangerang Selatan” 2 (1).
Arwita Putri, Riris Nurkholidah Rambe, Intan Nuraini, Lilis Lilis, Pinta Rojulani Lubis, dan Rahmi Wirdayani. 2023. “Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Di Kelas Tinggi.” Jurnal Pendidikan dan Sastra Inggris 3 (2). doi:10.55606/jupensi.v3i2.1984.
B, Amir, dan Muhammad Rasmi. 2020. “Kontribusi Pembelajaran Qawa>Id Nahwu Terhadap Keterampilan Membaca Mahasiswa Iain Bone.” Didaktika : Jurnal Kependidikan 13 (2). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone.
Diah, Halimatus, dan Melvi Azizatun Ni’mah. 2023. “Metode Contextual Teaching And Learning Dalam Pembelajaran Maharah Qira’ah: Metode Pembelajaran, Metode Contextual Teaching And Learning, Maharah Qira,ah.” Revorma: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran 3 (1) doi:10.62825/revorma.v3i1.35.
Fakhrurrozy, M Imam. 2018. “Nahwu Dan Shorof Perspektif Pembelajar Bahasa Kedua.”
Fransiska, Fredina, dan Zaim Elmubarok. 2015. “Efektivitas Metode Reading Guide Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas Xi Ips Man Demak.”
Harianto, Erwin. 2020. “Keterampilan Membaca dalam Pembelajaran Bahasa” 9 (1).
Hesti, Sofianti, dan Andi Musda Mappapoleonro. 2019. “Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara melalui Metode Mendongeng.”
Hijriyah, Umi. 2016. "Menyimak Stategi dan Implikasinya Dalam Kemahiran Berbahasa." Bandar Lampung: Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Raden Intan Lampung.
Ihwan, Muhamad Bisri, Sumari Mawardi, dan Ulin Ni’mah. 2022. “Pengaruh Penguasaan Ilmu Nahwu Dan Sharaf Terhadap Kemampuan Membaca Kitab Fathul Qarib.” TADRIS AL-ARABIYAT: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Bahasa Arab 2 (1). doi:10.30739/arabiyat.v2i1.1422.
Muhammad, Mahdir. 2020. “Pembelajaran Maharah Qiraah Menurut Teori Konstruktivis Sosial.” Lisan An Nathiq : Jurnal Bahasa Dan Pendidikan Bahasa Arab 2 (2) doi:10.1234/lan.v2i1.3966.
Nasihudin, Nasihudin, dan Hariyadin Hariyadin. 2021. “Pengembangan Keterampilan Dalam Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Indonesia 2 (04) doi:10.59141/japendi.v2i04.150.
Nisa Fahmi Huda. 2020. “Penggunaan Media Spinning Wheel Dalam Pembelajaran Qawaid Nahwu.” Studi Arab 11 (2) doi:10.35891/sa.v11i2.2390.
Noermanzah. 2020. “Bahasa sebagai Alat Komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian.” doi:10.31219/osf.io/ez6dk.
Rahman, Anwar Abd. 2018. “Keterampilan Membaca Dan Teknik Pengembangannya Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Diwan : Jurnal Bahasa dan Sastra Arab 3 (2): 155. doi:10.24252/diwan.v3i2.4602.
Rathomi, Ahmad. 2020. “Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.”
Sudrajat, Asep Rahman. 2021. “Urgensi Ilmu Nahwu dan Sharaf sebagai Asas Penulisan Karya Ilmiah Bahasa Arab.”
Sungkar, Abdullah, dan UIN Raden Intan Lampung. 2019. “Problematika Linguistik Dalam Pembelajaran Mahārah Qirā’ah Pada Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Uin Raden Intan Lampung” 11 (1).
Susanti, Marnis, Firman Firman, dan Desyandri Desyandri. 2023. “Strategi Pembelajaran Membaca Pemahaman Di SD.” Consilium: Education and Counseling Journal 3 (1): 98. doi:10.36841/consilium.v3i1.2823.
Tasrif, Tasrif. 2018. “Pengaruh Program Intensif Pembinaan Bahasa Arab Dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Arab Siswa Kelas Xii Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Makassar.” SKRIPSI, Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar.
Ulfah, Yeniati, dan Anyes Lathifatul Insaniyah. 2023. “Kesulitan Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Zainul Hasan Genggong.”
Yunisa, Melinda. 2022. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Aspek Ilmu Nahwu Dan Sharaf Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Laboratorium Jambi.” Ad-Dhuha 3 (1).
Zaenuddin, Rodliyah. 2012. “Pembelajaran Nahwu / Sharaf Dan Implikasinya Terhadap Membaca Dan Memahami Literatur Bahasa Arab Kontemporer Pada Santri Pesantren Majlis Tarbiyatul Mubtadi-Ien (Mtm) Desa Kempek Kecamatan Gempol Kabupaten Cirebon.” Holistik: Journal for Islamic Social Sciences 13(1). https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/holistik/article/view/120.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hafidhotur Rohmah, Muhammad Afifudin Dimyathi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.