Implementasi Metode Lalaran Nadzhom Dalam Pembelajaran Ilmu Nahwu di Pondok Pesantren Al-Barkah Al-Islamiyah Tangerang Selatan

Implementation of Lalaran Nadzhom Method in Nahwu Science Learning in Al-Barkah al-Islamiyah Islamic Boarding School South Tangerang

Authors

  • Eka Santi Kusumawardani Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Ari Khairurrijal Fahmi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Muhammad Ardy Zaini Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq

DOI:

https://doi.org/10.35719/pba.v2i2.43

Keywords:

Lalaran Method, Nadzham, Nahwu Science, Metode Lalaran, Ilmu Nahwu

Abstract

The purpose of this study is to describe the implementation of the Lalaran Nadzhom method in learning Nahwu at Al-Barkah Al-Islamiyah Islamic Boarding School, South Tangerang City. This study is qualitative research. Data collection is done by interview, observation and documentation. Data analysis with descriptive analysis. Validity check is done by triangulation of data. The background of this research is the application of the Lalaran method has become a tradition in memorizing Nadzhom Nahwu for a long time. The use of the Lalaran method is still used and applied in Islamic boarding schools to this day. The students have the freedom to express the chants or notes in the Nadzhom verses that they memorize. This can motivate students in memorizing Nadzhom. The research formulation in this study is one, namely the application of the Lalaran Nadzhom method in learning Nahwu at Al-Barkah Al-Islamiyah Islamic Boarding School. The results showed that the implementation of the Lalaran method in memorizing Nadzhom Nahwu was carried out in several stages, there are planning, implementation and evaluation stages.

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan metode Lalaran Nadzhom dalam pembelajaran Nahwu di Pondok Pesantren Al-Barkah Al-Islamiyah Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis deskriptif. Pemeriksaan keabsahan dilakukan dengan triangulasi data. Latar belakang penelitian ini adalah penerapan metode Lalaran telah menjadi sebuah tradisi dalam menghafal Nadzhom ilmu Nahwu sejak lama. Penggunaan metode Lalaran masih tetap digunakan dan diterapkan di pondok pesantren sampai saat ini. Para santri memiliki kebebasan untuk mengekspresikan lantunan atau nada-nada pada bait Nadzhom yang mereka hafalkan. Hal ini dapat memotivasi santri dalam menghafal Nadzhom. Adapun rumusan penelitian dalam penelitian ini ada satu, yaitu penerapan metode Lalaran Nadzhom dalam pembelajaran ilmu Nahwu di Pondok Pesantren Al-Barkah Al-Islamiyah. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan metode Lalaran dalam menghafal Nadzhom ilmu Nahwu ini sangat berpengaruh pada pembelajaran dipondok pesantren tersebut, kemudian lalaran dilaksanakan seelah sholat isya` dengan menggunakan kitab-kitab nahwu seperti imrithi, jurumiyyah, dan alfiyah ibnu malik.

 

References

Afifudin, Luthfi. 2020. “Penerapan Metode Lalaran Dalam Meningkatkan Hafalan Di Pondok Pesantren Faddlu Robbirrohiem Panggang Pulo Jepara.” Universitas Islam Nahdlatul Ulama’ Jepara.

Drestiani, Tri Anti, and Ari Khairurrijal Fahmi. 2018. “Implementasi Konsep Pendidikan Islam Perspektif Ibnu Taimiyah Dan Muhammad Abduh Dalam RPP Kurikulum 2013.” Jurnal Pendidikan Islam 9 (2)

Fahmi, Ari Khairurrijal, and Nuruddin. 2014. “Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Syair Imam Al-Syafi’i (Kajian Struktural Genetik).” Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban.

Hidayah, Erlin Nurul, and Suko Susilo. 2020. “Tradisi Lalaran Sebagai Upaya Memotivasi Hafalan Santri.” Intelektual 10 (April).

Isnainiyah. 2019. “Pengembangan Kitab Matan Al-Jurumiyah Dengan Pendekatan Induktif Untuk Siswi Madrasah Diniyah Nurul Ulum.” Prociding Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa III.

Mardhotillah, Fina Rizqina. 2021. “Penerapan Metode Sorogan Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Gramatikal Bahasa Arab,”.

Nizah, Nuriyatun. 2016. “Dinamika Madrasah Diniyah: Suatu Tinjauan Historis”.

Sodik, M. Ali, and Nurul Chusnul Jannah. 2017. “Penerapan Metode Hafalan Dalam Meningkatkan Pemahaman Ilmu Nahwu Pada Santri”.

Solich, Moch. 2020. “Implementasi Metode Muhafadhoh Nadhom Dalam Pembelajaran Qowa’id Nahwiyah Di Pondok Pesantren At-Tahdzib Ngoro Jombang,”.

Sukayat, Tata. 2018. “Nadzom Sebagai Media Pendidikan Dan Dakwah.” Cendekia: Journal of Education and Society.

Syafe’i, Imam. 2015. “Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam.

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Kusumawardani, E. S., Fahmi, A. K., & Zaini, M. A. (2022). Implementasi Metode Lalaran Nadzhom Dalam Pembelajaran Ilmu Nahwu di Pondok Pesantren Al-Barkah Al-Islamiyah Tangerang Selatan: Implementation of Lalaran Nadzhom Method in Nahwu Science Learning in Al-Barkah al-Islamiyah Islamic Boarding School South Tangerang. MUHIBBUL ARABIYAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.35719/pba.v2i2.43