Pendidikan Bahasa Arab Dengan Menerapkan Metode At-Thoriqoh Al-Istinqo’iyyah Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyyah Tarbiyatunnasyiin Jombang
DOI:
https://doi.org/10.35719/pba.v4i1.86Keywords:
Istiqroiyyah method, learning Arabic, Metode istiqroiyyah, Pembelajaran bahasa ArabAbstract
This research is an experimental research, namely the researcher acts as a direct teacher in the learning process. This study aims to determine the effectiveness of using the Istinqoiyyah method in learning Arabic by not seeing any differences in the ability to master Arabic. The problem formulation in this study is "whether the use of the Istinqoiyyah method effective in learning Arabic".This research starts from designing the learning steps, implementation, observation and then testing. The research subjects were Tarbiyatunnasyiin madrasah students. The instruments used to collect data in this study consisted of observations and tests. From the analysis of the data obtained, it can be concluded that in teaching using the istinqoiyyah method there is an increase in student learning outcomes. in other words the istinqoiyyah method is effective in teaching Arabic at the Tarbiyyatun Nasyiin Madrasah Jombang.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode istiqroiyah dalam pembelajaran bahasa Arab dengan tidak melihat adanya perbedaan didalam kemampuan penguasaan bahasa Arab. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Penggunaan Metode Istinqoiyyah Efektif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab”. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah-langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian tes. Subjek penelitian adalah siswa Madrasah Ibtidaiyyah Tarbiyyatunnasyiin. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan tes. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam pengajran yang menggunakan metode istinqoiyyah tedapat peningkatan hasil belajar siswa. Dengan kata lain Penggunaan Metode Istiqroiyah efektif dalam pengajaran bahasa Arab diMadrasah Ibtidaiyyah Tarbiyyatunnasyiin Jombang.
References
’Abd al-Qodir, (1984) Thuruq Ta’lim al-Lughoh al-Arabiyyah, Mesir : Maktabah al Nahdhah al Misriyyah , cet lll.
AISYIYAH Padang”.Jurnal kajian dan pengembangan ummat.Vol 1,.
Alrasi, Fitri. (2018). ”Penggunaan Metode Elektrik Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab di AKPER.
Efendi, Ahmad Fuad (2009) “Metodologi Pengajaran Didalam Bahasa Arab”
Harahap, (2011) Pembelajaran Keilmuan Bahasa Arab (Beberapa Pendekatan, Metodologi, dan teknik altenatif) Curup STAIN Curup.
Rosyidi, Abdul Wahab, dan Mamluatul Ni’mah, (2012). Memehami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab,Malang: UINMALIKI press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Salsabila, Resdianto Permana Rahardjo, Siti Durotun Naseha
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.