Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Sabilil Muttaqien Banaran Kabupaten Magetan

Learning Arabic Mufrodat in Islamic Elementary School Sabilil Muttaqien Islamic Boarding School Banaran Magetan

Authors

  • Diana Kusumaning UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Nuril Mufidah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • M. Miftakhul Huda UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/pba.v2i2.34

Keywords:

Mufrodat, Arabic Language, Madrasah Ibtidaiyah, Bahasa Arab

Abstract

This study aims to explain the technical learning of Arabic mufrodat in Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Sabilil Muttaqien Banaran Magetan Regency, as well as explain the difficulty of students in understanding the meaning of Arabic mufrodat, which includes internal and external factors. The research method used is qualitative, using data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The research subjects were several students of the 2021/2022 school year and Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Sabilil Muttaqien Banaran Magetan Regency. The results of this study are learning Arabic mufrodat using the Teacher Center method in Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Sabilil Muttaqien Banaran Magetan considered ineffective. Students of Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Sabilil Muttaqien Banaran Magetan Regency need help understanding the meaning of mufrodat caused by factors of intelligence/intelligence, talent, interest, and willingness low. The methods and learning media used could be more varied and exciting in learning Arabic mufrodat. Hence, teachers strive to create easy learning and fun to help students memorize and understand the meaning of Arabic mufrodat by using media images, guessing the word chain, and singing method.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan teknis pembelajaran mufrodat bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Sabilil Muttaqien Banaran Kabupaten Magetan, sekaligus memaparkan faktor kesulitan siswa dalam memahami arti mufrodat bahasa Arab yang meliputi faktor internal dan eksternal. Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah beberapa siswa tahun pelajaran 2021/2022 dan guru Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Sabilil Muttaqien Banaran Kabupaten Magetan. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran mufrodat bahasa Arab menggunakan metode Teacher Centerd di Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Sabilil Muttaqien Banaran Kabupaten Magetan dirasa belum efektif. Siswa Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Sabilil Muttaqien Banaran Kabupaten Magetan mengalami kesulitan dalam memahami arti mufrodat yang disebabkan karena faktor kecerdasan/intelegensi, bakat, minat, dan kemauan yang rendah serta metode dan media pembelajaran yang digunakan terasa monoton dan membosankan dalam pembelajaran mufrodat bahasa Arab, sehingga guru berupaya untuk menciptakan pembelajaran yang mudah dan menyenangkan untuk membantu siswa dalam menghafal dan memahami arti mufrodat bahasa Arab dengan menggunakan media gambar, tebak kata berantai dan metode bernyanyi.

References

Hasyim, Syarifuddin. “Keefektifan Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab” UIN Ar-Raniry Banda Aceh. 2016,

Khansa, H.Q. “Strategi Pembelajaran Bahasa Arab” Prosiding Konferensi Nasional Arab II, Malang 2016,

Fahmiah, D., & Basid, A. Strategi Pengajaran Mufradat Berbasis Teori Interaksi Sosial Vygotsky (Studi Kasus di Pusat Pengembangan Bahasa Arab Uin Maulana Malik Ibrahim Malang). Semnasbama, 3. 2019,

Jihad, S & Suaeb, M. Strategi Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pelajaran Mufrodat Kelas VI MI NW Dasan Agung Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA, 17(1). 2018,

Muhammad, N. M. Motivasi Siswa Sekolah Dasar dalam Mempelajari Bahasa Arab: Tinjauan Psikologi belajar Anak. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 3(2). 2018,

Parihin, P., Hidayah, N., Rusandi, H., & Nurlaeli, H. Analisis Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Mahasantri, 2(2), 2022, 512.

Husniyah, F. A. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Gambar di Kota Malang. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 2020,

Salsabiila, N. A. Penggunaan Metode Pembelajaran Menyanyi Dan Tebak Kata Untuk Meningkatkan Kemampuan Hafalan Kosa Kata Bahasa Arab Di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan (Miu) Al-Falah Simo Kedungwaru Tulungagung. 2020,

Fadilah, M. Z. E. Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Menghafal Mufradat Bahasa Arab Kelas V MI NU Raudlatul Wildan Ngembalrejo (Doctoral Dissertation, IAIN Kudus). 2021,

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Kusumaning, D., Mufidah, N., & Huda, M. M. (2022). Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Pesantren Sabilil Muttaqien Banaran Kabupaten Magetan: Learning Arabic Mufrodat in Islamic Elementary School Sabilil Muttaqien Islamic Boarding School Banaran Magetan. MUHIBBUL ARABIYAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 115–133. https://doi.org/10.35719/pba.v2i2.34