Methods of teaching Arabic language skills to early childhood in RA PSM 1 Takeran
Metode Pengajaran Keterampilan Berbahasa Arab Kepada Anak Usia Dini Di RA PSM 1 Takeran
DOI:
https://doi.org/10.35719/pba.v1i2.36Keywords:
Early childhood, Language Arab, Method, Teaching, Metode,, Pengajaran, Bahasa Arab, Anak usia diniAbstract
This study aims to determine the various methods for teaching Arabic language skills to early childhood and the challenges and obstacles in teaching to early childhood in RA PSM 1 TAKERAN. The technique used in this research is descriptive qualitative through observation and interviews with some teachers at RA PSM 1 TAKERAN. The results of this study indicate the various methods that can be used as Arabic learning materials in RA PSM 1 TAKERAN, namely vocabulary recognition through student worksheets and rewriting, and the challenges faced during learning, including the lack of competence of teachers in English. Arabic, considering not from the educational background of the previous teachers.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam metode sebagai bahan pengajaran keterampilan berbahasa arab kepada anak usia dini,dan juga tantangan dan hambatan dalam pengajaran kepada anak usia dini di RA PSM 1 TAKERAN. Adapun metode yang digunakan dalam Penelitian ini yakni deskriptif kualitatif melalui observasi,wawancara kepada sebagian pengajar di RA PSM 1 TAKERAN. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tentang berbagai metode yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran bahasa arab di RA PSM 1 TAKERAN,yaitu pengenalan kosa kata,melalui lembar kerja siswa,dan menulis ulang,dan juga tantangan yang dihadapi saat pembelajaran diantarannya yaitu kurang kompetennya pengajar dalam bahasa arab,mengingat bukan dari latar belakang pendidikan para pengajar sebelumnya.
References
Susanto, Ahmad. Pendidikan Anak Usia Dini. PT Bumi Angkara, (2017).
Ramadhan, Saidah. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini. UIN Sunan kalijaga jogjakarta. 2017.
RA PSM 1 TAKERAN. Kurikulum 2013 tahun ajaran 2020-2021. 2020.
Kustiawan, Usep. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Gunung Samudera,Pakis,Malang, (2016).
Tuhfatul Unsi ,Baiq. Media Gambar Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab. IAI Bani Fattah, Jombang, (2014).
Fajar Awwaludin, Ridwan. Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raoudhatul Athfal. STAI Al-Gazali Bone, IAIN Bone, (2019).
Kuraedah, Siti. Aplikasi Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. IAIN KEDIRI, (2015).
Fahrurrozi, Aziz. Pembelejaran Bahasa Arab : Problematika Dan Solusinya. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, (2014).
Sumantri, Irman. Metode Follow The Line Dalam Pembelajaran Menulis Huruf Arab Pada Anak Usia Dini. STAI Darunnajah Bogor, (2022).
Khasanah, Nginayatul. Strategi Mencapai Kebermaknaan Pembelajaran Pada Anak Usia Dini. IAINU Kebumen. (2021).
Syah, Imas Jihan. Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing Terhadap Anak Usia Dini. Universitas Islam Lamongan, (2018).
Durtam. Implementasi Model Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Upaya Meningkatkan Penguasaan Mufrodat Berbasis Tema Pada Anak Usia Dini. IAIN Syekh Nurjati Cirebon, (2022).
Suardi, Indah Permatasari. Perolehan Bahasa Pertama Pada Anak Usia Dini. Universitas Negeri Padang, (2019).
Hariyani, Farida. Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Pada Anak Usia Dini Kelompok B Dengan Menggunakan Media Gambar.PG-PAUD UNIMED. (2016).
Aziz, Hafiz. Meningkatkan perkembangan motorik halus anak melalui kegiatan 3M (mewarnai,menggunting,menempel)dengan metode demonstrasi. UIN SUKA. (2018).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 MUHIBBUL ARABIYAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.