System Literature Review: Implementasi Metode Pembelajaran Bahasa Arab dalam Mempelajari Kitab Kuning
Literature Review System: Implementation of Arabic Language Learning Method in Studying Yellow Books
DOI:
https://doi.org/10.35719/pba.v3i1.116Keywords:
System Literature Review, Implementation, Learning Methods, Implementasi, Metode PembelajaranAbstract
This study aims to review the literature on learning methods for studying the Yellow Book. The technique used in this research is SLR (System Literature Review). Data collection is done by identifying or reviewing all articles that have the same research topic as this research. The articles used in this study were 16 journal articles obtained from the Google Scholar database using Harzing's Publish or Perish application. The results of this study reveal several Arabic learning methods used in studying the Yellow Book; information is obtained that learning methods are found in the articles collected, which focus on the implementation of the method of learning the Yellow Book. Which, in this case, only takes the Tamyiz Method, the Al-Miftah Lil Ulum Method, the Bandongan Method, and the Sorogan Method. The results of this study are expected to provide benefits for learning and be used as examples of the use of various Arabic language concepts around us.
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur review terkait dengan metode pembelajaran dalam mempelajarai kitab kuning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SLR (System Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi atau menelaah semua artikel yang memiliki topik penelitian yang sama dengan penelitian ini. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 16 artikel jurnal yang diperoleh dari data base google scholar dengan menggunakan aplikasi Harzing’s Publish or Perish. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa ada beberapa metode pembelajaran bahasa arab yang digunakan dalam mempelajari kitab kuning diperoleh informasi bahwasannya ditemukan metode pembelajran pada artikel yang dikumpulkan yang berfokus pada Implementasi Metode, Pembelajaran Kitab Kuning. Yang dalam hal ini hanya mengambil Metode Tamyiz, Metode Al-Miftah Lil Ulum, Metode Bandongan, dan Sorogan. Hasil dari penelitian ini diharapkan akan memberi manfaat bagi pembelajaran dan digunakan sebagai contoh penggunaan berbagai konsep bahasa arab disekitar kita.
References
Anshori, Muchlis & Wardana, B. E. (2022). Implementasi Metode Bandongan Dan Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Tanwirunnida’ Dusun Rambeanak 2 Desa Rambeanak Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Seminar Nasional Paedagoria, 2.
Ardiansyah, A. A. (2020). Implementasi Metode Ibtidai Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiien Majalengka. Al-Ittijah, 12 No 1.
Aziz, Noor& Saefullah, M. (2021). Implementasi Metode Bandongan Dalam Pembelajaran Kitab Kuning (Studi Kasus Di Blok C2 Putri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’An Al-Asy’Ariyyah Kalibeber Wonosobo). Alphateach (Jurnal Profesi Kependidikan Dan Keguruan), 1 No 2.
Https://Ojs.Unsiq.Ac.Id/Index.Php/Alphateach/Article/View/2721
Azizah, E. M. (2021). Implementasi Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pesantren Daar El-Hikam. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Https://Repository.Uinjkt.Ac.Id/Dspace/Handle/123456789/56602
Dafrisan & Aryanti, Yosi & Izmi, N. (2022). Penerapan Metode Al-Miftah Lil Ulum Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Madrasah Tsanawiyah Swasta Tarbiyah Islamiyah Canduang. Ahlussunnah: Jurnal Of Islamic Educatioan, 1 No 2.
Humaidah, Hasibuan, N. (2018). Penerapan Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Kelas Viii Di Pondok Pesantren Modern Ta’Dib Al-Syakirin Titi Kuning Kecamatan Medan Johor. Tazkiyah Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7 No 2.
Muid, Abdul & Ashari, A. H. (2021). Implementasi Pembelajaran Metode Syawir Sebagai Upaya Peningkatan Penguasaan Kitab Kuning Di Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustho Mambaus Sholihin Suci Manyar Gresik. Jippi : Pendidikan Agama Isla, 7 No 7. Https://Doi.Org/10.36835/Tarbiyatuna.v13i1.607
Muzaky, Choirul Mala & Ishari, N. (2020). Implementasi Metode Al-Miftah Lil Ulum Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan. Tarbiyatuna, 13 No 1.
Rodiah, Zulkarnain, K. (2018). Implementasi Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Al-Munawwaroh Kab. Kepahiang Provinsi Bengkulu. Literasiologi, 1 No 1.
Solahuddin, M. (2017). Embelajaran Metode Tamyiz Terhadap Kemampuan Menterjemahkan Al-Qur’An Dan Membaca Kitab Kuning Di Smp Negeri 2 Kedokanbunder Indramayu. Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon. Http://Repository.Syekhnurjati.Ac.Id/Id/Eprint/1833
Uu. Pasal Pesantren Bab I Pasal 3, (2019).
Wildani, Khoirul & Fuad, A. J. (2018). Implementasi Metode Tamyiz Dalam Pembelajaran Baca Kitab Kuning. Al-Wijdan : Journal Of Islamic Education Studies, 3 No. 1. t Http://Ejournal.Uniramalang.Ac.Id/Index.Php/Alwijdan
Imaduddin, Basuni & Nashiroh Ishaq. Cet. Ii. 2013. Kamus Idiom Arab-Indonesia Pola Aktif. Jakarta. Pt. Gramedia.
Kaelan. Cet. Iii. 2002. Filsafat Bahasa. Yogyakarta:Paradigma. Kridalaksana. 1993. Kamus Linguistik. Jakarta: Pt. Gramedia Pustaka Utama.
Midkhol, A. Syanwani. 2013. Maqashid Al Qawaid Al I’Rab: Pengantar Memahami Qowaidul I’Rab. Jombang: Darul Hikmah.
Sapir, Edward. 1921. Language: An Introduction To The Study Of Speech.
San Diego, New York, London: Harcurt Brace Jovanovich Publisher.
Taufiqurrochman. 2008. Leksikologi Bahasa Arab. Malang: Uin Malang Press.
Verhaar. 1993. Pengantar Linguistik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Furqon Hamidi, Rhomiy Handican
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.