إدارة الصف في تعليم اللغة العربية في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية باسوروان

Arabic Language Teaching Class Management at State Islamic High School, Pasuruan East Java

Authors

  • Siti Mashlahah Al Fikri UIN Malulana Malik Ibrahim Malang
  • Cucu Jaa Aminarsih Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq

DOI:

https://doi.org/10.35719/pba.v2i2.8

Keywords:

Management, Classroom, Arabic

Abstract

Classroom management is a skill that must be possessed by every teacher because in class management there are positive interactions that must be built by teachers and students during the learning process, therefore class management is a very important one that must be mastered by teachers. Classroom management activities for learning Arabic intend to create a stable and comfortable atmosphere and class conditions so that the teaching and learning process can take place effectively and efficiently. The purpose of this research is to reveal and analyze how the classroom management in learning Arabic in the MAN Kota Pasuruan both in face-to-face and online learning activities. This research uses descriptive qualitative research. The data collection techniques used were interviews and observations. The results of this study are that the implementation of learning is carried out in the classroom and outside the classroom, the class conditions allow for the learning process, and learning is carried out using the 2013 curriculum. And also online learning activities using e-learning, WhatsApp groups, Youtube, and Zoom Meeting.

Pengelolaan kelas merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap guru, karena dalam pengelolaan kelas terdapat interaksi positif yang harus dibangun oleh guru dan peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung, oleh karena itu pengelolaan kelas menjadi salah satu yang sangat penting yang harus dikuasai oleh guru. Kegiatan pengelolaan kelas dama pembelajaran bahasa Arab bermaksud menciptakan suasanadan kondisi kelas secara stabil dan nyaman agar proses kegiatan belajar mengajar dapat berlangusng secara efektif dan efisien. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap dan menganalisis bagaimana pengelolaan kelas dalam pembelajaran bahasa Arab di MAN Kota Pasuruan baik dalam kegiatan belajar secara tatap muka maupun secara online. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan observasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran dilakukan di dalam kelas dan di luar kelas, kondisi kelas yang memungkinkan untuk proses pembelajaran, pembelajaran dilangsungkan dengan menggunakan kurikulm 2013. Dan juga kegiatan pembelajaran secara online menggunakan fasilitas e-learning, grup WhatsApp, Youtube, dan Zoom Meating.

References

Adi, Sugeng Susilo. Classroom Management untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan. Malang: Universitas Brawijaya Press, 2016.

Ekawati, Dian. Strategi Pengelolaan Kelas Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal An-Nibghoh Vol. 20, No. 01. 2018.

Faqih, Nurul. Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah (Studi Kasus di SMK Muhammadiyah 2 Playen Yogyakarta). Jurnal At-Tafkir Vol. X, No. 1, Juni 2017.

https://id.wikipedia.org/wiki/Penelitian_kualitatif. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2020.

Indrawan, Irus. dkk.. Guru Profesional. Klaten: Penerbit Lakeisha, 2020.

Minsih dan Aninda Galih. Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar Vol. 5, No. 1, Juli 2018.

Mulyadi. Classroom Management. Malang: Aditya Media, 2009.

Priansa, Euis Karwati dan Donni Jui. Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta, 2014.

Rosikh, Fahrur. Dan Ahmad Afan Zaini. Pengelolaan Kelad dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Ummul Qura Vol. XIII, No. 1. Maret 2019.

Sudirman, Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. 1991.

Sunaengsih, Cucun. Buku Ajar Pengelolaan Pendidikan. Sumedang: Sumedang Press, 2017.

Sunhaji. Konsep Manajemen Kelad dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, Vol. II No. 2, November 2014.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Visimedia, 2008.

Wiyani, Novan Ardy. Manajemen Kelas. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media, 2013.

Yamin, Martinis dan Maisah. Manajemen Pembelajaran Kelas: Strategi Meningkatkan Mutu PembelajaranI. Jakarta: Gaung Persada.

Zahroh, Lailatu. Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas. Jurnal Tasyri’ Vol. 22, Nomor 2, Oktober 2015.

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Siti Mashlahah Al Fikri, & Aminarsih, C. J. (2022). إدارة الصف في تعليم اللغة العربية في المدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية باسوروان: Arabic Language Teaching Class Management at State Islamic High School, Pasuruan East Java. MUHIBBUL ARABIYAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 134–153. https://doi.org/10.35719/pba.v2i2.8