Implementasi Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak-Anak Kelas VI Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Jember
Implementation of Arabic Language Learning for Children in Grade VI Muhammadiyah Elementary School 1 Jember
DOI:
https://doi.org/10.35719/pba.v2i2.95Keywords:
Implementation, Arabic for Children, Elementary School, Implementasi, Bahasa Arab untuk anak-anak, Sekolah DasarAbstract
This article aims to describe the implementation of learning Arabic for children that takes place in Class VI Muhammadiyah 1 Elementary School Jember. The method used is descriptive qualitative, using techniques: observation, interviews, and documentation. The results of the study show that: a) the strategy used is to frequently invite children to practice reading. While the methods used are: lectures, questions and answers, demonstrations, telling stories, and singing. b) the learning media used include direct and indirect media. Direct media, namely with objects around the school, while indirect media such as: LCD to display videos or films, as well as Lughah Cards. c) the textbook uses publications from Muhammadiyah entitled Al-'Asri, with detailed material divided into six chapters, namely: fi assaahati 1, fi assaahati 2, ayyam al usbu' 1, ayyam al usbu' 2, addiiku, and fi ad diiwaan. d) the types of evaluation of Arabic learning used are formative and summative, and are carried out with two techniques, namely: oral and written. e) the curriculum guidelines refer to the 2022 Al-Islami, Kemuhammadiyahan and Arabic Education Curriculum (ISMUBA) for Muhammadiyah Elementary Schools/MI in East Java by the Council of Elementary and Secondary Education Regional Leadership of Muhammadiyah East Java.
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi pembelajaran bahasa Arab untuk anak-anak yang berlangsung di Kelas VI Sekolah Dasar Muhammadiyah 1 Jember. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) strategi yang diterapkan adalah dengan sering mengajak anak-anak latihan untuk membaca. Sedangkan metode yang digunakan adalah: ceramah, tanya jawab, demonstrasi, bercerita, dan bernyanyi. b) media pembelajaran yang digunakan meliputi media langsung dan tak langsung. Media langsung yaitu dengan benda-benda yang ada di sekitar sekolah, sedangkan media tak langsung seperti: LCD untuk menampilkan video atau film, juga Card Lughah. c) buku ajar menggunakan terbitan dari Muhammadiyah yang berjudul Al-‘Asri, dengan rincian materi yang terbagi menjadi enam bab, yaitu: fi assaahati 1, fi assaahati 2, ayyam al usbu’ 1, ayyam al usbu’ 2, addiiku, dan fi ad diiwaan. d) macam evaluasi pembelajaran bahasa Arab yang digunakan yaitu formatif dan sumatif, dan dilakukan dengan dua teknik, yaitu: lisan dan tulisan. e) pedoman kurikulum mengacu pada Kurikulum Pendidikan AL-Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) tahun 2022 untuk SD/MI Muhammadiyah se-Jawa Timur oleh Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur.
References
Albantani Muharom Azkia, Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah: Sebuah Ide Terobosan, Attadib Journal of Elemtary Education, Vol. 2 (2), Desember 2018.
Hidayah Nurul, Parihin, dkk, Analisis Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibtidaiyah, Jurnal Mahasantri, Vol. 2, No. 2, Maret 2018.
Latif Aini. Wawancara di Ruang BK SD Muhammadiyah 1 Jember, 19 Oktober 2022. Jam 10.15 WIB.
Nurhidayati, dan Ridwan Anisah Nur, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab untuk Anak, Universitas Negeri Malang, Malang, 2014.
Saidah Ramadhan, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini, UIN Sunan Kalijaga Jogjakarta, 2017.
Tim Penyelaras, Kurikulum Pendidikan AL-Islam, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab Tingkat SD/MI Edisi Tahun 2022, Surabaya: Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Alifya Salsabilla, Fina Rismaya, M. Yusro Insan Kamil A. P., M. Lutfillah Ahyar B., Dwi Khoirotun Nisa’
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.