Penggunaan Metode Audiolingual Untuk Peningkatan Keterampian Membaca Bahasa Arab

Use of Audiolingual Methods To Improve Arabic Reading Skills

Authors

  • Putri Rizqi Fauziyah UIN Kiai Ahmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/pba.v2i1.23

Keywords:

Audiolingual Method, Reading Skill, Arabic, Metode Audiolingual, Keterampilan Membaca, Bahasa Arab

Abstract

The problem that the researcher will discuss is the ability to read Arabic for MTs Fathus Salafi students. The use of the audiolingual method is very helpful in improving the reading skills of MTs Fathus Salafi students. This study proves that there is a significant increase in the ability to read Arabic texts for MTs Fathus Salafi students. The purpose of this study was to map the qiraah competence of MTs Fathus Salafi students in reading Arabic. This research uses classroom action research method. The background of this research is so that students can follow the learning process quickly and well. Then the reading ability score of MTs Fathus Salafi students on the first test the lowest was 40, and the second test was 40. Then the average score on the first test was 71.1 and the second test was 80.56.

Masalah yang akan peneliti bahas yaitu mengenai kemampuan membaca bahasa Arab siswa MTs Fathus Salafi. Penggunaan metode audiolingual sangat cukup membantu meningkatkan keterampilan membaca siswa MTs Fathus Salafi. Penelitian ini membuktikan bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca teks Bahasa Arab siswa MTs Fathus Salafi secara signifikan. Tujuan dari penelitian ini adalah memetakan kompetensi qiraah siswa MTs Fathus Salafi dalam membaca bahasa Arab. Penelitian ini mengunakan metode penelitian tindakan kelas. Latar belakang dari dilakukannya penelitian ini adalah agar siswa bisa mengikuti proses belajar dengan cepat dan baik. Kemudian perolehan skor kemampuan membaca pada siswa MTs Fathus Salafi pada tes pertama yang terendah adalah 40, dan tes kedua adalah 40. Kemudian skor rata – rata pada tes pertama adalah 71,1 dan tes kedua adalah 80,56.

References

Khoiriyah, Hidayatul. 2020. “Metode Qiraah dalam pembelajaran keterampilan reseptif berbahasa Arab untuk Pendidikan Tingkat Menengah”, Jurnal Lisanuna, Vol.10, no. 1

Alnashr, M. Sofyan. 2019. “Penilaian Kemampuan Membaca Bahasa Arab Anak Kelas Rendah Madrasah Ibtidaitah di Kabupaten Pati”, Jurnal Elementary, Vol. 7, no. 1, Januari-Juni 2019

Hidayah, Bashirotul. 2019. “Peningkatan Kemampuan Membaca Bahasa Arab melalui teknik Pembelajaran Istima’ pada siswa MTs Al-Anwar Cangkringrandu Perak Jombang”, Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 3, No. 2, September 2019

Rianto, Milan. 2006. Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran, Departemen Pendidikan Nasional, Malang

Helmiati,2012. Model Pembelajaran, Sleman Yogyakarta: Aswaja Pressindo

Humaidah, Nur. 2016. “Relevansi Penerapan Metode Audiolingual dalam Pebelajaran Bahasa Arab di Lembaga Pendidikan Indonesia”, jurnal Arabia, vol. 8, no. 2, juli-desember 2016

Prima Sari, Alvia Putri. 2018. “Tinjauan terhadap metode Pembelajaran Bahasa arab; metode Qawaid & terjemah, metode langsung, metode audiolingual, dan metode gabungan”, jurnal Tarbiyatuna, vol, 3, no. 2, Desember 2018

Downloads

Published

2022-06-26

How to Cite

Fauziyah, P. R. (2022). Penggunaan Metode Audiolingual Untuk Peningkatan Keterampian Membaca Bahasa Arab: Use of Audiolingual Methods To Improve Arabic Reading Skills. MUHIBBUL ARABIYAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 61–68. https://doi.org/10.35719/pba.v2i1.23