Penggunaan Youtube Sebagai Alternatif Dalam Pembelajaran Muhadatsah

Utilization of YouTube as an Alternative in Muhadatsah Learning

Authors

  • Husnul Hafiza Rahma UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Komang Ahmad Nur Fajar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Wulandari Wulandari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Kisno Umbar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35719/pba.v3i1.107

Keywords:

Youtube, Muhadatsah, Strategy, Learning, pembelajaran, strategi

Abstract

The purpose of this research is to find out whether YouTube can be a good alternative in learning muhadatsah which is part of Maharah Kalam. This study uses a descriptive qualitative method with data collection techniques through observation, interviews and documentation to students of UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Department of Arabic Language Education. This research found that using YouTube both audio and visual as a muhadatsah learning media is an easy and effective way to understand the material. Even though there are some shortcomings, this can be overcome with good cooperation between teachers, students, and student guardians. This strategy is carried out as an effort to improve students' muhadatsah abilities so that muhadatsah learning objectives are achieved.

Penelitian ini ditujukan untuk mengungkapkan apakah youtube bisa menjadi alternatif yang baik dalam pembelajaran muhadatsah bahasa Arab yang merupakan bagian Maharah Kalam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi kepada mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Adapun penelitian ini mendapatkan hasil bahwa penggunaan youtube secara audio maupun visual sebagai media pembelajaran muhadatsah adalah cara yang mudah dan efektif dalam memahami materi tersebut. Walau ada beberapa kekurangan, tetapi hal itu bisa diatasi dengan adanya kerja sama yang baik antara guru, murid, dan wali murid. Strategi ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan kemampuan muhadatsah siswa sehingga tercapainya tujuan pembelajaran muhadatsah.

References

Agus Budiman & Moh. Al-Ahyar. (2022). Penggunaan Media Youtube dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Maharah Al-Kalam Bahasa Arab. 6.

Ahmad Muhtadi Anshori. (2009). Pengajaran Bahasa Arab dan Metode-metodenya. Teras.

Ahmad Warson Munawwir. (1997). Kamus Al-Munawwir. Pustaka Progresif.

Ainatul Falastin. (n.d.). Strategi Guru Agama dalam Meningkatkan Moral Siswa Melalui Ekstrakurikuler Muhadarah dan Muhadatsah di MAN Trenggalek.

Akhmad Sangid & Muhammad Muhib. (n.d.). Strategi Pembelajaran Muhadatsah.

Astuti, W. (2019). EKSPERIMENTASI PENGGUNAAN YOUTUBE DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII DI MTS N 10 SLEMAN. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

Budiman, A., & Al-Ahyar, M. (n.d.). Penggunaan Media Youtube dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Maharah Al-Kalam Bahasa Arab.

Drs. Ahmad Fuad Effendy, M.A. (2012). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Misykat.

Hastang Nur. (2021). Penerapan Metode Muhadatsah Dipadukan dengan Media LCD Projector dalam Meningkatkan Hasil Belajar Maharah Kalam Peaserta Didik Kelas VIII B MTS Al-Faizzun Watabg Palakka Kab. Bone. 14.

John M. Echols. (1996). Kamus Inggris-Indonesia (XXIII). PT.Gramedia Pustaka Utama.

Kaharuddin. (2018). Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Kemampuan Muhadatsah.

Rusydi Ahmad Tu’aimah. (1989). Ta’lim Al-’Arabiyyah Li Ghairi An-Natiqina Biha.

Vika El-Vira Karami, Ud’uni Yulita Rachmayanti, & Izzatul Rif’ah. (2021). Penggunaan Aplikasi Berbasis Audio Visual (Youtube dan Tiktok) sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab. 11.

Yusi Kamhar, M., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi. Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1356

Downloads

Published

2023-05-17

How to Cite

Rahma, H. H., Fajar, K. A. N., Wulandari, W., & Umbar, K. (2023). Penggunaan Youtube Sebagai Alternatif Dalam Pembelajaran Muhadatsah: Utilization of YouTube as an Alternative in Muhadatsah Learning. MUHIBBUL ARABIYAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.35719/pba.v3i1.107