Solusi Terhadap Problem Maharoh (Kemahiran) Berbahasa Arab
Solution To The Problem Of Arabic Language Skills (Maharah)
DOI:
https://doi.org/10.35719/pba.v2i1.18Keywords:
Solusi , Maharoh, Bahasa Arab, solution, ArabicAbstract
Language is an essential communication tool in interacting with anyone in this world; many languages are created to make communicating with others easier. Experts agree that language skills consist of four parts: listening, speaking, reading, and writing. In Arabic, the skill is called maharoh. Arabic is one of the most widely spoken languages in the world because of the many people who use it; Arabic has become an international language and is recognized around the world. But learning is not easy because there are several problems; problems are one of the factors that can hinder and slow down the implementation of the teaching and learning process in the field of Arabic studies. There are two problems with learning Arabic, linguistic factors and non-linguistic factors. In this article, the author tries to provide solutions to these problems.
Bahasa adalah alat komunikasi yang paling penting dalam berinteraksi dengan siapapun di dunia ini, banyak sekali bahasa yang tercipta, semua itu untuk mempermudah dalam berkomunikasi dengan yang lainnya. Para ahli sepakat bahwa keterampilan berbahasa terdiri dari empat bagian yaitu keterampilan mendengar, keterampilan berbicara, keterampilan membaca dan keterampilan menulis. didalam bahasa arab keterampilan di sebut dengan maharoh. Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, karena banyak orang yang menggunakannya, bahasa Arab telah menjadi bahasa internasional dan diakui dunia. Namun dalam mempelajarinya tidaklah mudah karena ditemukan beberapa problematika, problematika adalah salah satu faktor yang dapat menghalangi dan memperlambat pelaksanaan proses belajar mengajar dalam bidang studi bahasa Arab. Terdapat dua problematika pembelajaran bahasa arab yaitu faktor linguistik dan faktor non linguistik. Dalam artikel ini penulis mencoba memberikan solusi terhadap persoalan-persoalan tersebut.
References
Amirudin, n. Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan, 2017.
Chaer Abdul dan Leonie Agustina. Sosiolinguistik Perkenalan Awal, 2010.
Fahrurrozi, A. Pembelajaran Bahasa Arab: Problematika Dan Solusinya. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, Voll. 1 No. 2 , 2014.
Fakhrur Rahman. Tesis: Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah Di Kota Langsa. Medan:UIN Sumatera Utara, 2019.
Hermawan.acep. Metodelogi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Ilmiani, A. M. Multimedia Interaktif Untuk Mengatasi Problematika Pembelajar, 2014an Bahasa. Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Voll 8 No 1, 2020.
Jakarta: Rineka Cipta.
Jamaluddin. Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra. yogyakarta: AdiCita Karya Nusa, 2003.
Musthofa. Baisri dan Abdul Hamid. (2012). Metode Dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. UIN Maliki Press, 2012.
Nandang Sarip Hidayat. Problematika Pembelajaran Bahasa Arab, Jurnal Pemikiran Islam: Vol. 37, No. 1 Januari-Juni, 2012.
Susanto, A. Teori Belajar dan Mengajar di Sekolah. Jakarta: Prenada Media Group, 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Reni Fitria

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.